Home / Uncategorized / 933 Peminat Prodi IAT Fakultas Ushuluddin Institut PTIQ periode 2020/2021

933 Peminat Prodi IAT Fakultas Ushuluddin Institut PTIQ periode 2020/2021

Ushuluddin PTIQ. 20.08.2020  11.00 Wib

933 Peminat Prodi IAT Fakultas Ushuluddin Institut PTIQ periode 2020/2021

Ushuluddin PTIQ. Jumlah peminat Prodi IAT Fakultas Ushuluddin tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. sebanyak 933 peminat telah memilih IAT sebagai pilihan. Dari total jumlah peminat tersebut, sebanyak 462 mendaftar sebagai calon mahasiswa IAT Fakultas Ushuluddin dan pada tanggal 19 Agustus ini telah ditetapkan kelulusan semua prodi di lingkungan Institut PTIQ termasuk Prodi IAT Fakultas Ushuluddin. Tahun ini Prodi IAT Fakultas Ushuluddin Institut PTIQ Jakarta menerima 179 calon mahasiswa. 

Pendaftaran online Institut PTIQ Jakarta yang dibuka awal februari lalu (2020), terbagi ke dalam dua gelombang; tes gelombang pertama pada 15-16 juni 2020 dan tes gelombang kedua pada tanggal 14-15 Agustus 2020. Ada yang berbeda dalam proses ujian masuk Institut PTIQ Jakarta dengan tahun lalu. Selain pendaftaran dilakukan secara daring sebagaimana sebelumnya, ujian yang sejatinya dilakukan di kampus Institut PTIQ Jakarta, juga harus dilakukan secara daring mengingat pandemi covid masih belum hilang.

Ada beberapa persyaratan khusus yang harus dilalui oleh para calon mahasiswa yang memilih Prodi IAT. Selain wajib memenuhi persyaratan Institut PTIQ Jakarta berupa tes tahsin dan bahasa (khususnya di gelombang kedua ini), Prodi IAT Fakultas Ushuluddin mewajibkan para pendaftarnya untuk mengikuti ujian baca kitab. Hal ini dilakukan tentu karena jumlah mata kuliah prodi IAT lebih banyak fokus kitab-kitab (khususnya kitab tafsir) baik klasik dan modern. Seleksi dengan ujian baca kitab ini dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk memperdalam ilmu al-Qur’an dan Tafsir berbasis kitab. Untuk itu, diharapkan para calon mahasiswa  prodi IAT telah memiliki kemampuan baca kitab dengan baik sehingga tidak mengalami banyak kendala saat perkuliahan nanti.  Berdasarkan data di atas, terlihat bahwa animo masyarakat terhadap prodi IAT Fakultas Ushuluddin Institut PTIQ Jakarta di tengah-tengah masa covid-19 ini tetap besar. Semoga harapan besar dari para calon mahasiswa ini dapat terealisasi dengan baik. Selamat datang dan selamat bergabung bersama kami di Prodi IAT Fakultas Ushuluddin Institut PTIQ Jakarta; kampus tercinta unggul berbasis al-Qur’an. (LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top