Home / Uncategorized / Webinar Nasional “Isu Radikalisme dan Penafsiran Ayat-Ayat Jihad”.

Webinar Nasional “Isu Radikalisme dan Penafsiran Ayat-Ayat Jihad”.

PTIQ Jakarta, 19 April 2021.

Isu Radikalisme dan Penafsiran Ayat-Ayat Jihad

Ushuluddin PTIQ: Himpunan Mahasiswa Ilmu al-Qur’an da Tafsir (HIMA-Iqtaf)) Prodi IAT mengadakan seminar nasional dengan mengangkat tema, “Isu Radikalisme dan Penafsiran Ayat-Ayat Jihad”. Acara kali menghadirkan beberapa narasumber ahli yaitu: (1) Kang Ayik Heriyansyah; beliau adalah mantan ketua HTI Bangka Belitung dan UIN Depok yang saat ini menjabat sebagai Ketua LTN NU Bandung, (2) diundang pula bapak Ahmad Ainul Yaqien, Lc, M.Ag, beliau adalah Pengasuh PP. Tafsir Shohihuddin 02 Surabaya sekaligus sebagai Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya, dan terakhir adalah (3) Bapak Dr. Ja’far Assegaf, beliau adalah dosen UIN Yogyakarta, Peneliti di Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia dan Wakil Ketua ISRI Cabang Sukoharjo. tampil sebagai Keynote Speaker dalam acara ini adalah Bapak Dekan FAkultas Ushuluddin Institut PTIQ Jakarta, Ust. Andi Rahman, MA. Acara yang berlangsung pada tanggal 8 April ini diselenggarakan secara daring via zoom. Acara yang berlangsung selama 3 jam ini dihadiri tidak kurang dari 230 mahasiswa dan praktisi. 

Dalam penjelasannya, bapak dekan mengemukakan akan pentingnya menalar ayat-ayat al-Qur’an termasuk ayat-ayat tentang Jihad bagi khususnya mahasiswa Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) termasuk ikut andil dalam menangkal isu-isu radikalisme demi kedaulatan bangsa. Dengan mempelajari bahasan ini, para mahasiswa diharapkan dapat menjadi motor penggerak terciptanya sebuah tatanan hidup yang toleran di tengah-tengah masyarakat serta membekali diri dengan sikap-sikap yang moderat dalam beragama. (LH)

Poster acara webinar nasional dengan mendatangkan akademisi dan praktisi yang dihadiri oleh mahasiswa lintar fakultas dan kampus dan berbagai organisasi yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top