Menjaga Kualitas Penelitian Mahasiswa

UshuluddinPTIQ 28/10/21: Mahasiswa harus melakukan penelitian untuk membuktikan bahwa dirinya layak menjadi sarjana, sebagaimana dosen juga harus melakukan penelitian untuk membuktikan bahwa dirinya layak mengajar dan mendidik calon sarjana. Tema penelitian harus relevan dengan jurusan atau program studi, sebagai bukti bahwa mahasiswa dan dosen benar-benar memahami mata kuliah yang diajarkan di perkuliahan.

Berdasarkan KKNI, program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir fakultas Ushuluddin Institut PTIQ Jakarta mempunyai kekhasan dan keunggulan di bidang pengkajian Al-Qur’an dan tafsir klasik. Karenanya tema-tema penelitian harus relevan dengan kekhasan dan keunggulan ini.

Selama perkuliahan, mahasiswa prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dibiasakan melakukan penelitian dan mempresentasikan hasil penelitiannya. Baik secara individual maupun secara berkelompok, mahasiswa menyusun makalah untuk dipresentasikan dan didiskusikan di kelas. Setidaknya ada 47 judul buku karya mahasiswa telah diterbitkan di mana 12 di antaranya sudah ber-ISBN. Di akhir studi, mahasiswa diwajibkan menulis skripsi. (AR)

Beberapa karya mahasiswa yang terbit dalam jurnal dan buku yang diterbitkan oleh penerbit

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

Omgomg Сайт Площадка