EVALUASI DOSEN OLEH MAHASISWA

Sebagai sebuah ikhtiar aktif untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, fakultas Ushuluddin melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja dosen. Setidaknya ada tiga evaluasi yang dilakukan terhadap dosen, yaitu: Evaluasi yang dilakukan oleh dekan fakultas terkait administrasi perkuliahan, evaluasi yang dilakukan oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM) terkait ketercapaian SPMI (Standar Penjaminan Mutu Internal), dan evaluasi yang dilakukan oleh mahasiswa terkait ketersampaian materi perkuliahan. Evaluasi ini dilakukan di tiap akhir semester.

Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa, yang biasa disingkat EDOM, dilakukan secara tertutup melalui form yang diedarkan secara online. Setiap mahasiswa secara objektif memberikan penilaian dan memberikan saran/masukan terkait kinerja dosen. Mahasiswa dipastikan mengetahui bahwa apapun penilaian yang diberikan, tidak akan mempengaruhi nilai perkuliahan dan sikap dosen terhadap mahasiswa.

Hasil dari evaluasi akan dijadikan pertimbangan dalam penyelenggaraan perkuliahan di semester berikutnya. Dosen akan mendapatkan hasil evaluasi secara detail, dan dekan fakultas akan menyampaikan hasil globalnya pada rapat semester.

Ada 13 dosen yang dievaluasi, oleh mahasiswa-mahasiswa di setiap angkatan (semester 2,4,6 dan 8). Ada 27 pertanyaan yang ditanyakan dengan opsi jawaban istimewa, sangat baik, baik, dan cukup. Pertanyaan ini menyangkut performance dosen, kompetensi dan kualifikasi dosen, kelengkapan administrasi perkuliahan, sikap dan perilaku dosen di dalam dan di luar perkuliahan, dan kepuasan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.

Hasil dari EDOM adalah mahasiswa menyatakan kepuasan tertinggi, yaitu penilaian istimewa, pada seluruh poin yang ditanyakan. Masukan-masukan untuk dosen akan disampaikan dalam rapat dosen dan dijadikan bahan pertimbangan dalam menyelenggarakan perkuliahan di semester yang akan datang.

Pada tahun akademik 2020-2021 semester genap, EDOM sudah dilakukan. Hasil dari EDOM akan disampaikan kepada LP2M sebagai bentuk laporan kinerja, dan didokumentasikan sebagai data yang bisa dianalisis oleh siapapun semisal ada peneliti yang ingin melihat gambaran perkuliahan di fakultas Ushuluddin selama satu periode kepemimpinan (5 tahun).

Terima kasih kepada para dosen yang sudah berdedikasi mengajar di fakultas Ushuluddin. Terima kasih juga disampaikan kepada mahasiswa yang secara jujur telah memberikan penilaian dan masukan-masukan sehingga dosen bisa semakin meningkatkan kualitas perkuliahannya.

Berikut gambaran umum hasil evaluasinya:

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

Omgomg Сайт Площадка