Home / Uncategorized / Workshop Peningkatan Kompetensi Keilmuan Pendidikan al-Qur’an

Workshop Peningkatan Kompetensi Keilmuan Pendidikan al-Qur’an

Ushuluddin PTIQ Jakarta 10/9/2022: Pada tanggal 7-9 September, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian  Agama RI mengadakan ‘Workshop Peningkatan Kompetensi Keilmuan Pendidikan al-Qur’an’. Hadir dalam acara ini beberapa undangan antara lain Kasie PQ di lingkungan Kantor Kementerian Agama, Akademisi, Praktisi, Guru, dan Badko.

Dalam acara ini, hadir dari kalangan akademisi adalah para Ketua Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) di lingkungan kampus Islam seperti PTIQ, IIQ, UIN SMH  dan IDAQU. Menurut Kasubdit Dr. Mahrus, M.Ag, perguruan tinggi perlu hadir di tengah-tengah masyarakat, jangan hanya menjadi menara gading yang berada di puncak yang indah dipandang namun tidak bisa dirasakan manfaatnya oleh semua. Perguruan Tinggi perlu hadir di tengah-tengah masyarakat dan praktisi dalam rangka meningkatkan pendidikan al-Qur’an.

Acara ini dihadiri oleh Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T. Dalam sambutannya, beliau menyoroti bahwa pendidikan al-Qur’an yang dicita-citakan oleh umat Islam ini diharapkan mendapatkan rekognisi dari pemerintah. “Pendidikan al-Qur’an harus mendapatkan pengakuan  formal dari pemerintah. Orang yang belajar al-Qur’an mulai dari tinggal Ula hingga tingkat tertentu harus memperoleh pengakuan  formal atas capaian mereka dari negara.”.

Acara yang berlangsung tiga hari ini menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren; Prof. Dr. Waryono Abdul Ghafur, S.Ag. M.Ag, Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus; Dr. KH. Ahmad Faiz, Lc., M.A. dan pengasuh Asrama Hidayatul Qur’an Pesantren Darul Ulum Rejoso KH. M. Afifuddin Dimyathi. Semoga ke depan kerjasama dan peningkatan skill keal-Qur’an-an dan keagamaaan yang melibatkan  unsur-unsur akademis semakin baik, sehingga sinergi pemerintah (Kemenag), akademisi, Praktisi, para pengajar al-Qur’an, dan lembaga-lembaga pendidikan al-Qur’an dapat bersama-sama berkontribusi dalam mewujudkan mimpi lahirnya pendidikan al-Qur’an di Indonesia lebih baik.

Dalam hal ini, Institut PTIQ Jakarta dipercaya untuk ikut andil dalam mewujudkan pendidikan al-Qur’an yang lebih baik yang tidak hanya diterima oleh masyarakat, namun juga mendapat pengakuan dari negara. (LH)

Sesi Foto bersama peserta Workshop dan Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T. Pada hari Kamis tanggal 08 September 2022
Suasana workshop Peningkatan Kompetensi Keilmuan Pendidikan al-Qur’an
Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T. memberikan presentasinya tentang arah kebijakan kompetensi keilmuan dalam pendidikan Islam.
Dr. Lukman Hakim, MA, dari Prodi IAT Ushuluddin Institut PTIQ Jakarta (Batik Merah) bersama tim merumuskan outline buku Daras Pendidikan al-Qur’an untuk Jenjang PaudQu, TKQ, Pendidikan al-Qur’an tingkat ULA. WUSTHO dan ULYA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Top