Home / Latest Events/News / SURVEI ALUMNI

SURVEI ALUMNI

Salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi adalah diterimanya alumni program studi di masyarakat dan aktivitas-aktivias bermanfaat yang mereka lakukan. Fakultas Ushuluddin Institut PTIQ Jakarta melakukan survei pada angkatan 2017 yang sudah lulus, dengan hasil yang menggembirakan. Berikut hasil dari surveinya:

Pertanyaan pertama: Sebagai alumni program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, apakah anda mengajar Al-Qur’an (baik di lembaga formal maupun non formal)? 82 % menjawab iya. Artinya lebih dari dua pertiga alumni berkhidmah kepada Al-Qur’an, dan aktif mengajarkan ilmu yang diperolehnya dari perkuliahan.

Pertanyaan kedua: Selain bekerja, apakah anda aktif di lembaga sosial dan yayasan nirlaba? 41 % menjawab iya. Artinya hampir setengah alumni melakukan aktivitas kemasyarakatan dan pengabdian sosial sebagai tanggung jawab moral setiap sarjana, yaitu membawa kebaikan dan kemanfaatan bagi umat Islam dan negara.

Pertanyaan ketiga: Apakah anda berkhidmah di masjid dan pesantren? 50% menjawab iya. Artinya alumni mengidentifikasi diri sebagai orang yang menjaga Al-Qur’an dan terikat hatinya dengan masjid.

Pertanyaan keempat: Apakah anda bekerja di lembaga pemerintahan? 9 % menjawab iya. Artinya hampir seluruh alumni program studi memiliki jiwa entrepreneurship dan keinginan untuk menciptakan lapangan kerja, bukan sekedar mendaftar menjadi karyawan dan pegawai.

Pertanyaan Kelima: Apakah anda melanjutkan studi ke jenjang strata 2 (magister)? 9 % menjawab iya. Artinya ada sebagian alumni yang berkeinginan meningkatkan kompetensi dan kualifikasi pendidikannya.

Hasil survei di atas tentu amat menggembirakan, dan sesuai dengan target luaran dan capaian yang ditetapkan oleh fakultas Ushuluddin Institut PTIQ Jakarta. Alhamdulillah

KKN yang dilakukan mahasiswa saat semester 6 sebagai latihan untuk mengabdi kepada masyarakat setelah lulus, dibukukan ber-ISBN
Top