Laporan Kinerja Semester

Ushuluddin 12/01/2023: Prinsip utama dalam pengelolaan program studi, sebagaimana pengelolaan lembaga atau organisasi lainnya, ada perencanaan dan evaluasi. Ada adagium populer, bahwa berhasil menyusun perencanaan sama dengan merencanakan keberhasilan. Sementara gagal menyusun rencana sama dengan merencanakan kegagalan. Berhasil atau tidaknya sebuah perencanaan, harus diuji dengan cara dievaluasi.

Setiap semester, fakultas Ushuluddin melakukan evaluasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, dan penyusunan rencana pelaksanaan Tridharma di semester yang akan datang. Perencanaan dan evaluasi ini dilakukan bersama seluruh dosen, dan dilaporkan kepada pimpinan Institut PTIQ c.q LPM dan Biro Akademik. Pada tanggal 3 Januari, diselenggarakan rapat dengan dihadiri oleh 17 dosen, dengan pembahasan evaluasi kinerja semester lalu dan penyusunan rencana di semester yang akan datang.

Alhamdulillah, seluruh rencana terealisasi dengan baik. Ini disebabkan perencanaan dibuat dengan sangat matang. Realisasi program sebanyak seratus persen, dengan beberapa program yang pencapaiannya yang melebihi ekspektasi.

Total 912 orang berminat masuk ke Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin. Jumlah ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, walaupun kondisi masyarakat masih terdampak pandemi, peminat masih sangat tinggi. Perkuliahan berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Jumlah penelitian, baik yang dilakukan oleh dosen mapun oleh mahasiswa meningkat. Penelitian kolaboratif dosen-mahasiswa juga meningkat. Hal ini sesuai dengan rencana strategis 5 tahunan yang berfokus pada aspek penelitian. Dosen terlibat dalam banyak kegiatan ilmiah bersama beberapa lembaga. Selain tulisan di jurnal, termasuk yang terindeks scopus, ada 6 karya dosen yang tercatat dalam HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Fakultas ushuluddin menyelenggarakan workshop penerbitan buku untuk mahasiswa dan workshop Mandeley untuk dosen, guna mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas luaran penelitian.

Menjelang akhir tahun, ada 81 orang yang diwisuda. Jumlah yang meningkat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, namun perlu ditingkatkan hingga 90 persen mahasiswa bisa menyelesaikan perkuliahan di semester 8 atau 9.

Keuangan fakultas tercatat secara online di akun.biz, dan telah dilaporkan kepada pimpinan Institut PTIQ Jakarta c.q. Warek II. Total dana masuk adalah Rp. 476.125.000 dan total pengeluaran adalah Rp. 412.057.000. Saldo dana akan dimasukkan ke kas Fakultas.

Laporan Kinerja Semester Ganjil 2022/2023 Prodi IAT Fakultas Ushuluddin Institut PTIQ Jakarta

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

Omgomg Сайт Площадка