Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) pada Semester Ganjil 2023-2024
Dosen merupakan komponen utama dalam keberhasilan Tridharma Perguruan Tinggi. Dosen menyampaikan materi perkuliahan, menjawab pertanyaan, memfasilitasi keilmuan mahasiswa, memberikan stimulus dan motivasi kepada mahasiswa untuk senantiasa meningkatkan keilmuan dan kompetensi diri, serta memastikan bahwa perkuliahan berjalan dengan baik.
Dosen diharapkan untuk selalu meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri dalam menjalani Tridharma Perguruan Tinggi. Kekurangan dan kendala yang ada dalam melaksanakan tugasnya, perlu diketahui dan dicarikan solusinya. Keberhasilan dalam melaksanakan tugas wajib dipertahankan dan diupayakan untuk selalu meningkat. Instrumen untuk mengukur keberhasilan dosen adalah evaluasi.
Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas PTIQ Jakarta melalukan evaluasi desen secara rutin di setiap semester. Ada dua evaluasi yang dilakukan, yaitu evaluasi dosen oleh mahasiswa (EDOM), dan evaluasi kinerja administratif yang dilakukan oleh dekan.
Pada semester ganjil tahun ajaran 2023-2024, dilakukan evaluasi terhadap empat orang dosen Andi Rahman, Ansor Bahary, Hidayatullah, dan Khoirul Anwar. Responden dari evaluasi ini adalah 152 mahasiswa pada semester III yang diajar oleh keempat dosen tersebut.
Berikut adalah pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang diberikan terhadap setiap pertanyaan tersebut:
Pertama, keandalan (reliability) yang terdiri atas kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan: 71% memberi nilai SANGAT BAIK, 38% memberi nilai BAIK, 1% memberi nilai Cukup, dan 0% memberi nilai KURANG.
Kedua, daya tanggap (responsiveness) yang terdiri atas kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat: 61% memberi nilai SANGAT BAIK, 34% memberi nilai BAIK, 3% memberi nilai CUKUP, dan 2% memberi nilai KURANG.
Ketiga, kepastian (assurance) yang terdiri atas kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan: 58% memberi nilai SANGAT BAIK, 36% memberi nilai BAIK, 5% memberi nilai CUKUP, dan 1% memberi nilai KURANG.
Keempat, empati (empathy) yang terdiri atas kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa: 66% memberi nilai SANGAT BAIK, 30% memberi nilai BAIK, 3% memberi nilai CUKUP, dan 1% memberi nilai KURANG.
Kelima, tangible yang terdiri atas kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam menggunakan media dan sumber belajar: 53% memberi nilai SANGAT BAIK, 30% memberi nilai BAIK, 9% memberi nilai CUKUP, dan 8% memberi nilai KURANG.
Edom dilaksanakan secara online, dan mahasiswa bebas dalam memberikan penilaian. Apapun nilai yang diberikan, tidak akan berpengaruh terhadap nilai perkuliahan sebab EDOM dilakukan setelah perkuliahan selesai. Detail jawaban hanya diketahui oleh dekan fakultas, dan akan ditindaklanjuti.