PENINGKATAN PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN EVALUASI DOSEN OLEH MAHASISWA (EDOM) PADA SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2023-2024

PENINGKATAN PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN EVALUASI DOSEN OLEH MAHASISWA (EDOM) PADA SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2023-2024

Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas PTIQ Jakarta melalukan evaluasi desen secara rutin di setiap semester. Ada dua evaluasi yang dilakukan, yaitu evaluasi dosen oleh mahasiswa (EDOM), dan evaluasi kinerja administratif yang dilakukan oleh dekan.
Pada semester genap tahun ajaran 2023-2024, dilakukan evaluasi terhadap 12 orang dosen Andi Rahman, Syaiful Arief, Hidayatullah, Masrur, Zainal Arifin Madzkur, Amiril Ahmad, Husnul Hakim, Farit Afrizal, Lukman Hakim, Tubagus Hasan, Zia Ul Haramein, dan Khoirul Anwar. Responden dari evaluasi ini adalah 260 mahasiswa yang tersebar dalam semester 2, 4, dan 6. Dosen-dosen ini mengampu mata kuliah Praktikum Ibadah, Sabab Nuzul, Ulumul Qur’an, Studi Naskah Tafsir, Gharib al-Qur’an, Metode Pengajaran Al-Qur’an dan Hadis, Penggunaan IT dalam Penelitian Al-Qur’an dan Tafsir, dan Ilmu Qiraat Terapan.
Berikut adalah pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang diberikan terhadap setiap pertanyaan tersebut:
Pertama, keandalan (reliability) yang terdiri atas kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan: 75% memberi nilai SANGAT BAIK, 24% memberi nilai BAIK, 1% memberi nilai Cukup, dan 0% memberi nilai KURANG. Pada aspek keandalan, ada peningkatan kualitas dibandingkan pada semester lalu.

Kedua, daya tanggap (responsiveness) yang terdiri atas kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat: 66% memberi nilai SANGAT BAIK, 29% memberi nilai BAIK, 4% memberi nilai CUKUP, dan 1% memberi nilai KURANG. Pada aspek daya tanggap, ada peningkatan kualitas dibanding semester lalu.

Ketiga, kepastian (assurance) yang terdiri atas kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan: 62% memberi nilai SANGAT BAIK, 35% memberi nilai BAIK, 2% memberi nilai CUKUP, dan 1% memberi nilai KURANG. Pada aspek kepastian, ada peningkatkan kualitas dibandingkan semester lalu.

Keempat, empati (empathy) yang terdiri atas kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa: 69% memberi nilai SANGAT BAIK, 28% memberi nilai BAIK, 2% memberi nilai CUKUP, dan 1% memberi nilai KURANG. Pada aspek empati, ada peningkatan kualitas dibandingkan semester lalu.

Kelima, tangible yang terdiri atas kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam menggunakan media dan sumber belajar: 61% memberi nilai SANGAT BAIK, 28% memberi nilai BAIK, 6% memberi nilai CUKUP, dan 5% memberi nilai KURANG.
EDOM dilakukan di setiap semester, dan ditindaklanjuti. Hasil penilaian pada semester ini mengalami peningkatan sebagai bukti bahwa tindak lanjut dari EDOM pada semester lalu memiliki pengaruh yang signifikan.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

Omgomg Сайт Площадка