Delegasi Fakultas Ushuluddin dalam Workshop Akreditasi Internasional FIBAA

Delegasi Fakultas Ushuluddin dalam Workshop Akreditasi Internasional FIBAA

Akreditasi diperlukan untuk meningkatkan kualitas dari suatu perguruan tinggi. Agar kualitas suatu perguruan tinggi bisa bertaraf internasional maka akreditasi internasional juga perlu dilakukan.

FIBAA adalah akronim dari Foundation for Internasional Business Administration Accreditation. Ia merupakan salah satu lembaga akreditasi internasional untuk lembaga perguruan tinggi. Selama tiga hari, 11-13 Mei 2023, fakultas Ushuluddin Universitas PTIQ Jakarta mengirim delegasi, dosen prodi IAT, Syaiful Arief, M.Ag untuk mengikuti Workshop Akreditasi Internasional FIBAA yang diinisiasi oleh LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bertempat di Convention Hall.

Workshop yang diikuti oleh lebih dari 200 perguruan tinggi se Indonesia baik negeri maupun swasta ini dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al-Makin. M.Ag. Workshop ini diisi oleh dua Narasumber dari FIBAA, Mag.a Diane Freiberger, MBA selaku Managin Director dari FIBAA, dan Victoria Dermanowski, M.Sc., selaku ketua pendaftaran internasional. Mereka membahas tentang pengenalan FIBAA, prosedur pendaftaran, sampai tahapan visitasi akreditasi. Dalam proses pendaftaran akreditasi Internasional, FIBAA menyediakan beberapa pilihan kategori di antaranya, akreditasi satu program studi, beberapa program studi dalam satu kluster, dan dalam beberapa kluster.

Untuk biaya pendaftaran FIBAA, jika hanya satu program studi bisa dikenakan biaya 18.000 euro. Jika memakai pola kluster maka dalam 1 kluster dikenakan 18.000 euro untuk prodi pertama dan prodi kedua dan seterusnya masing-masing dikenakan biaya 2.000 euro. Jika terdiri dari beberapa kluster maka kluster ke dua untuk prodi pertama dikenakan biaya 9.000 euro dan prodi kedua dan seterusnya masing-masing dikenakan biaya 2.000 euro.

Perguruan Tinggi yang sudah terakreditasi FIBAA bisa langsung diakses di laman resmi. Prodi  yang sudah terakreditasi FIBAA, pilih Indonesia:

https://www.fibaa.org/en/accreditation-certification/accredited-study-programmes/?menu=weitere&cHash=acab58a6d3a04e04221205377fd624f9

untuk prosedur pendaftaran bisa dilihat di akun: https://www.youtube.com/watch?v=F-Lj2CkOtNU

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

Omgomg Сайт Площадка