Festival IQTAF 2023 Prodi IAT Fakultas Ushuluddin UNIversitas PTIQ Jakarta

Ushuluddin PTIQ Jakarta 24/06/2023: Himpunan mahasiswa jurusan ilmu Al Qur’an dan Tafsir (HIMA IQTAF) PTIQ Jakarta sukses menggelarkan kegiatan Festival IQTAF 2023 yg ke III dengan mengusung tema “Menciptakan Kreativitas Generasi Muda Melalui Kerja Nyata  berlandaskan Al-Qur’an”sebagai lanjutan dari festival IQTAF yang diadakan sebelumnya di thn 2022.

Kegiatan festival IQTAF ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh HIMA-IQTAF yang menjadi wadah bagi mahasiswa yang memiliki ide-ide kritis dan minat bakat, sehingga bisa bersaing diruang lingkup nasional maupun regional.

Festival IQTAF 2023 ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pada tahun ini antusias mahasiswa untuk mengikuti berbagai perlombaan sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan tahun lalu hanya diikuti oleh 46 peserta dari semua perlombaan, sedangkan pada tahun ini sampai dengan angka 140 peserta dari semua perlombaan.

Acara yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai macam instansi ini diharapkan menjadi ajang untuk menunjukkan keeksistensian Al-Qur’an, ke eksistensian Pesantren, ke eksistensian Kampus Islam.

Kegiatan festival IQTAF ini menghimpun beberapa kegiatan dan perlombaan yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10-17 juni 2023. Kegiatan dalam festival ini adalah Seminar Nasional motivasi menghafal Al-Qur’an, lomba MTQ, MHQ 5, 10, 30 Juz, MQK, KTI dan Studium Generale.

Kegiatan ini dimulai dengan mengadakan Seminar Nasional motivasi menghafal Al-Qur’an yang menghadirkan pembicara yang luar biasa yaitu Ustadz Salim Gozali, SQ. S.uD. (Imam Masjid istiqlal) dan pembicara kedua ustadz Saharuddin, SQ. M.Ag.  (Dosen PTIQ Jakarta). Kemudian dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan ke Al-Qur’anan.

Dan pada penutupan festival ini, HIMA-IQTAF menggelarkan Studium Generale dengan mengangkat tema “Tafsir Al-Qur’an dan Keadilan Gender” dengan narasumber pertama Prof. Dr. KH. Abdul Syakur Yasin. MA, narasumber kedua Dr. Ahmad Husnul MA. dan narasumber ketiga Dr. Aas Siti Solichah Mpd. Pada acara ini dihadiri oleh 202 peserta dari berbagai instansi. Semoga ke depan festival IQTAF menjadi lebih semarak dan semakin berkualitas. (AS)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

Omgomg Сайт Площадка