First International Islamic Conference (IICB) dan Keikutsertaan FUPI dalam AIUA

FUPI PTIQ Jakarta, 13/09/2023: Pada tanggal 13-14 September 2023 yang lalu, diselenggarakan 1st International Conference of International Islamic Conference di Bangkok tepatnya di Kampus Krirk University. Pada kesempatan banyak hadir dari berbagai kampus di Asia Tenggara mulai dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Andaman, Maldives dan sebagainya. Acara ini mengambil tema “Rethingking The Economic, Sosial, and Cultural Integration of Islamic World in the Contemporary Era”.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Krirk University Bangkok bekerjasama dengan AIUA (Asian Islamic University Assosiation). Krirk University terletak di Bangkok yang dalam dua tahun terakhir ini membuka program International Islamic College dengan tiga jurusan; Haji dan Umroh, Halal Industry dan Ekonomi Islam. Hadir sebagai pembicara dalam acara ini di antaranya adalah Rektor Kirk University, Dekan International Islamic College Atase Republik Indonesia di Bangkok, Chulalongkorn University, dan beberapa perwakilan lainnya.

Dalam acara ini juga dilanjutkan dengan special session; presentasi dari beberapa perwakilan peserta AIUA di antaranya Prof. Mujiburrahman (Presiden AIUA; Indonesia), Dr Ibrahim Zakariyya Moosa (Maldives),  Prof. Dato’ Dr. Wan Sabri (Sekjen AIUA Malaysia), Dr. Haji Hambali (Brunei Darussalam) dan Dr. Sukree Lang Puteh (Andaman).

Pada hari yang sama setelah acara special session ini, lanjut pula ke acara berikutnya yaitu presentasi masing-masing peserta yang terbagi ke dalam beberapa cluster. Hadir pula dalam acara ini perwakilan dari Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUPI) Universitas PTIQ Jakarta, Dr. Andi Rahman, MA dan Dr. Lukman Hakim, MA yang mempresentasikan tentang “Divine and the Human Aspect of the Prophet and Its Implication on the Understanding of Hadith”, dan ‘The Patronage Tradition and the Growth of Sciences in Islam’.

Komitmen sebagai Fakultas yang memiliki visi dan misi di ruang lingkup Asia Tenggara, maka kegiatan ini menjadi sangat penting guna menghubungkan dan melibatkan langsung dalam asosiasi dengan banyak kampus Islam Asia Tenggara yang memiliki peran ikut serta memajukan dan mengembangkan keilmuan-keilmuan Islam khususnya di Asia Tenggara. Keikutsertaan menjadi anggota AIUA menjadi penting untuk menghubungkan harapan-harapan tersebut di atas. (LH)

Acara First International Conference di Krirk University bekerjasama dengan AIUA di Bangkok pada tanggal 13-14 September 2023

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

Omgomg Сайт Площадка