Pembekalan PMQ Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Tahun Ajaran 2023/2024

FUPI PTIQ Jakarta 27/02/24: Bertempat di ruang Auditorium Universitas PTIQ Jakarta, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam mengadakan Pembekalan Praktek Mengajar Al-Qur’an pada 23 Februari 2024.

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Bapak Dr. Andi Rahman, MA. Pada kesempatan yang sama beliau juga mengisi pelatihan Mafaza, yaitu salah satu metode pengajaran Al-Qur’an. Sesi berikutnya, Kepala Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Bapak Dr. Lukman Hakim, MA. Membahas teknis dan prosedur pelaksanaan PMQ. PMQ (Praktek Mengajar Al-Qur’an) merupakan kegiatan praktek mengajar atau yang biasa disebut dengan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Adapun PMQ Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam ini terbagi menjadi tiga kategori; Pertama, PMQ di daerah binaan tepatnya di Kepulauan Seribu. Kedua, PMQ di kampung halaman yang dapat dilaksanakan oleh mahasiswa/i selama bulan Ramadhan. Ketiga, PMQ Ekuivalensi yaitu Pengabdian masyarakat atau kegiatan-kegiatan rutin serta kegiatan kelembagaan juga organisasi yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa/I selama 3 semester ke belakang, ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari pihak kampus terhadap mahasiswa/i yang telah lama mengabdi di masyarakat. Kegiatan PMQ ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.

Dihadiri oleh sekitar 140 Mahasiswa semester VI, kegiatan Pembekalan PMQ ini mengundang dua narasumber luar biasa; Pertama, Ustadz Budi Santoso yang merupakan pengasuh Rumah Tahfidz Nurul Qolbi (Rumah Baca Al-Qur’an bagi Penyandang Tunanetra), beliau memaparkan tentang Strategi Pengajaran Al-Qur’an, Ustadz Budi Santoso menyampaikan setidaknya ada tiga hal yang perlu dipersiapkan dalam mengajarkan Al-Qur’an yaitu; Niat yang tulus, bersungguh-sungguh, dan selalu berdoa kepada Allah SWT. Narasumber kedua yaitu Ustadz Muhammad Akrom yang merupakan Pengajar di Qur’an Learning Centre Jakarta, beliau memaparkan materi tentang Fun Teaching Al-Qur’an, yaitu bagaimana kita dapat menjadikan Al-Qur’an sebagai pembelajaran yang menyenangkan. Adapun metode yang digunakan oleh Ustadz Muhammad akrom yaitu membagi kelas belajar menjadi 3 tingkatan yaitu pemula, menengah, dan lanjutan. Beliau juga menyampaikan selain pengklasifikasian kelas, jangan lupakan untuk selalu memberikan motivasi kepada murid yang diajarkan.

Dengan diadakannya pembekalan ini diharapkan mahasiswa/i lebih siap dalam melaksanakan PMQ dan terjun mengabdi di masyarakat. (LH)

Bapak Dekan FUPI Dr. Andi Rahman, MA sedang menyampaikan sambutannya dalam acara pembekalan PMQ FUPI pada tanggal 23 Februari 2024 lalu.

Para mahasiswa sangat antusias mengikuti program pembekalan PMQ Fakultas UShuluddin dan Pemikiran Islam di ruang Auditorium Universitas PTIQ Jakarta

Pemberian Cenderamata kepada Ust. Budi Santoso selaku Narasumber Pembekalan PMQ yang berikan melalu Kaprodi IAT, bapak Dr. Lukman HAkim, MA.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

Omgomg Сайт Площадка