Kunjungan (Study Banding) ke Kampus-kampus di Eropa

FUPI PTIQ 3/6/24: Di sela kegiatan yang telah diagendakan selama kunjungan ke Belanda, Andi Rahman dan Lukman Hakim mengunjungi beberapa kampus yang ada di Belanda dan beberapa negara sekitarnya, serta menemui beberapa pihak untuk mendapatkan banyak masukan terkait penyelenggaraan Tridhrama perguruan tinggi.

Di Belanda, Andi dan Lukman mengunjungi Leiden University dan Vrije Universiteit. Sementara di Perancis Andi dan Lukman mengunjungi Sorbonne Universite dan di istanbul Turki Lukman mengunjungi Sahn Seman; sebuah ‘perguruan tinggi’ pengkaderan ulama yang dibangun oleh Sultan Muhammad alfatih di samping masjid Jami’ al-Fatih. Selain melihat sarana dan prasarana kampus, di Leiden Andi dan Lukman bertemu dengan beberapa mahasiswa asal Indonesia semisal Nur Ahmad dan Unaesah yang sedang menyelesaikan program doktoral di kampus ini. Di Amsterdam, keduanya juga melakukan audiensi dengan prof. Elco van Burg dan prof. Welmoet Boender yang pernah menjadi ketua program kajian agama-agama di Vrije Universteit. Pertemuan ini adalah untuk melakukan membangun kerjasama dan penjajakan kolaborasi internasional dalam rangka memanfaatkan program-program penelitian seperti Litapdimas dan sebagainya.

Ada banyak hal baik yang bisa ditiru dari kampus-kampus tersebut. Ada banyak sinergi yang bisa dilakukan antara sivitas akademika fakultas Ushuluddin Universitas PTIQ Jakarta dengan dosen dan mahasiswa di kampus-kampus tersebut. (AR)

penjajakan kolaborasi internasional dengan para ahli di kampus Vrije Universiteit Amsterdam.

Pemberian cenderamata kepada Prof. Elco van Burg dan Prof Welmoet Bonder di VU Amsterdam

berpose bersama setelah berbincang soal kemungkinan kolaborasi penelitian individual dan kampus

di Sorbonne University

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

Omgomg Сайт Площадка